Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Pendidikan Masyarakat

BANDUNG. Mengawai kegiatan tahun 2015, Subdit Kelembagaan & Kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Ditjen PAUDNI telah menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Dikmas pada tanggal 10 s/d 13 Februari 2015 bertempat di wisma Taruna Bandung Jawa Barat. Kegiatan tersebut di ikuti 56 orang peserta dari lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Rumah Pintar.

Direktur Ditbindikmas, Dr.Wartanto dalam sambutan dan arahannya menekankan agar para lembaga penyelenggara pendidikan masyarakat Direktorat Jenderal PAUDNI segera meningkatkan kapasitas kelembagaan menuju satuan pendidikan terakreditasi. Lembaga dikmas yang terakreditasi akan memberikan jaminan penyelenggaraan program pendidikan nonformal yang bermutu, utamanya program pendidikan kesetaraan yang sejak tahun 2015 kembali menjadi bagian dari layanan Direktorat Dikmas, disamping program dikmas yang telah dilakukan seperti program keaksaraan dan program lain. “Program pendidikan keaksaraan terutama pada daerah sulit (terpencil tertinggal, terluar), nampaknya kurang efektif melalui PKBM, SKB atau Rumah Pintar, sehingga kemungkinan akan dilakukan melalui kelompok belajar sebagai satuan pendidikan melalui dukungan perangkat/aparat desa. Direktorat Bindikmas akan menerbitkan Standar Nasional PKBM, disamping standar minimal PKBM sebagai acuan bagi para pengelola PKBM menuju lembaga yang terakreditasi. Masih sedikitnya lembaga PKBM yang terakreditasi akan menjadi perhatian Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat,” ucapnya saat membuka kegiatan. “Penataan lembaga seperti SKB juga mesti dilakukan karena telah menjalankan fungsi satuan pendidikan padahal kalau ditelaah SKB merupakan kantor yang menjalankan fungsi administratif, karenanya SKB dapat didorong untuk menjadi satuan pendidikan yang dapat menjalankan kegiatan PNF disamping dapat menjadi testing center untuk program pendidikan kesetaraan, jika SKB telah menjadi satuan pendidikan tentunya akan dapat dilakukan akreditasi seperti akreditasi satuan PNF lainnya” lanjutnya menambahkan dalam arahannya.

Palupi Raraswati, Kasubdit Kelembagaan dan Kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, selaku penyelenggara menuturkan pentingnya kegiatan peningkatan kapasitas kelembagaan dikmas. “Lembaga penyelenggara pendidikan masyarakat yang bermutu merupakan hal yang penting dalam keberhasilan program pendidikan masyarakat,” ucapnya.

Oleh sebab itu, setiap lembaga penyelenggara program dikmas diharapkan mampu meningkatkan kapasitas pribadi sebagai pengelola lembaga dan meningkatkan manajemen lembaganya untuk penjaminan mutu program dan kegiatan dikmas. “Kegiatan ini kami selenggarakan untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan peserta tentang lembaga dikmas yang mempunyai kapasitas,” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, untuk mendapatkan praktek terbaik para peserta melakukan kunjungan lapangan ke PKBM Bina Mandiri Cipageran dimana peserta melihat kegiatan pendidikan nonformal seperti pendidikan kesetaraan, keaksaraan, PAUD, taman bacaan masyarakat, dan kegiatan keterampilan seperti merajut, merangkai bunga, membuat bross. Peserta juga mengunjungi juga PKBM Bina Terampil Mandiri yang mempunyai unggulan budidaya tanaman hias dan jamur serta olahan makanan dari jamur dan ubi.

Anik dari PKBM Annisa Cilacap, salah seorang peserta yang berasal dari Cilacap menilai kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Ia berharap pengetahuan yang ia peroleh dapat diterapkan di PKBM nya. “Pengelolaan administrasi PKBM berbasis IT seperti yang dilakukan PKBM Tiara Dezy sangat baik untuk merapikan administrasi PKBM, mudah-mudahan kami dapat mencontoh hal seperti itu di PKBM Annnisa,” ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, panitia memperkaya wawasan peserta dengan sejumlah materi, antara lain: Penyelenggaraan Pendidikan Keaksaraan oleh Ida Kosasih, Kasubdit Pembelajaran & Peserta Didik Ditbindikmas. Akreditasi PKBM oleh Prof. Yatim Rianto, dari BAN PNF. Pengelolaan Data Pendidikan untuk Lembaga PNF oleh L Manik, dari Pusat Data & Statistik Pendidikan Kemdikbud. Materi lainnya yaitu Evaluasi Kinerja PKBM oleh Ahmad Suaidi, sedangkan materi Tatacara Pemberian NILEM Online oleh Hari Trinurawan, Kasi Kelembagaan Ditbindikmas, dan Siti Khodijah dari PKBM Tiara Dezy yang berbagai pengalaman bagaimana manajemen pengelolaan administrasi lembaga berbasis IT dengan menggunakan sofware ruang arsip yang sudah diterapkan di PKBM Tiara Dezy (Khairulllah)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s