Popularitas VS Elektabilitas

Baru saja Ridwan Kamil memenangkan pilkada Bandung dengan keunggulan cukup telak sekitar 44% jauh melewati calon walikota lainnya. Kemenangan Ridwan Kamil ini melengkapi kemenangan Jokowi di Jakarta, dimana terlihat semakin jelas bahwa masyarakat lebih memilih sosok dari calon pemimpinnya.

Sama seperti saat Jokowi menang, langsung banyak yang membuat analisa kecanggihan strategi kemenangan Ridwan Kamil yang banyak didukung relawan seperti Jokowi dan banyak menggunakan kekuatan social media.

Menurut saya, berbagai upaya boleh dilakukan namun semuanya kembali ke track record dari calon pemimpin. Jokowi sudah sukses dengan kota Solo, sementara Ridwan Kamil sudah ‘menabung’ berbagai karya di Indonesia dan Bandung pada khususnya.

Selama 6 tahun terakhir, Ridwan Kamil dengan berbagai inovasi yang dia lakukan bersama komunitas untuk Bandung sudah sering diapresiasi oleh media massa, termasuk Kick Andy di episode Berbagi Demi Sesama.

Berbagai budget besar untuk iklan, billboard dan social media bisa dikeluarkan siapapun untuk dikenal dan populer namun tidak lantas elektabilitasnya tinggi. Masyarakat semakin cerdas dalam memilih pemimpin daerahnya berdaasrkan apa yang sudah pernah dia lakukan di masa lalu.

Malah kalau kita ambil inspirasi secara umum, menurut saya setiap orang harus mulai memikirkan track record mereka sedini mungkin. Coba deh kita ingat-ingat, kemarin-kemarin kita sudah bikin apa aja sih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s