Penyelenggaraan PAUD Akan Diperketat Tahun 2013

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan memperketat penyelenggaraan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Oleh karena itu, Kementerian akan segera menerbitkan Peraturan Mendikbud tentang penyelenggaraan PAUD.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal (PAUDNI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lidya Freyani Hawadi mengatakan, saat ini Permendikbud tentang penyelenggaraan PAUD telah memasuki tahap uji publik. Ke depannya, Peraturan ini akan terbit sebagai penguat Permendiknas Nomor 58/2009 yang mengatur standar PAUD.

“Permendikbud ini sedang diuji publik, 2015 adalah deadline untuk penyesuaian semua Paud setelah tiga tahun masa percobaan,” kata Lidya yang lebih akrab disapa Reni Akbar, Rabu (8/8/2012), di gedung Kemdikbud, Jakarta.

Reni mengatakan, dalam Peremendikbud itu akan diatur mengenai syarat minimal menjadi guru TK, yakni memiliki ijazah S-1 dengan program studi PAUD. Ia mengakui, saat ini masih banyak guru TK yang belum memenuhi kualifikasi tersebut. Tetapi, sanksi tidak bisa diberikan karena belum ada aturan yang mengaturnya.

Selain itu, syarat lain yang harus dipenuhi untuk menyeleggarakan PAUD adalah sarana dan prasarana yang disediakan harus berada dalam area seluas minimal 300 meter persegi. Tentunya juga akan ada evaluasi dan monitoring yang mengacu pada peraturan tersebut.

“ini seperti kitab sucinya penyelenggaraan PAUD. Mulai 2015, semua pelanggaran akan disemprit,” kata Reni.
Editor :Inggried Dwi Wedhaswary

One thought on “Penyelenggaraan PAUD Akan Diperketat Tahun 2013

  1. […] Buku Ini Kembali ke Perpustakaan Setelah 78 Tahun DipinjamTaj MahalPENGANTAR PENDIDIKANMembangun Karakter Sejak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)Program Rumah Didik Anak Usia DiniPembentukan karakter pada Anak Usia DiniSusyana Gagal, Hulaefi Petik EmasAnak Bekasi Rayakan HAN di Gedung PatriotPenyelenggaraan PAUD Akan Diperketat Tahun 2013 […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s