Revitalisasi PKBM menuju kemandirian

JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Ella Yulaelawati mengatakan, perlu adanya revitalisasi pada Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM). Menurutnya, langkah itu penting untuk mendorong peningkatan mutu masing-masing PKBM.

“Ke depannya pengembangan PKBM diarahkan pada terbentuknya komunitas usaha mandiri, bukan hanya sekadar penyedia jasa pelatihan”
— Ella Yulaelawati

“Revitalisasi perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu PKBM,” kata Ella saat ditemui di gedung Kemdikbud, Jakarta, Rabu (18/4/2012).
Dia menjelaskan, selain peningkatan mutu, revitalisasi ini nantinya juga akan mengarah pada peningkatan manajemen kelembagaan dan alokasi dana. Dengan harapan, PKBM mampu memasarkan “produknya” sehingga memberikan manfaat lebih signifikan kepada masyarakat sekaligus untuk keberlangsungan PKBM itu sendiri.

Selanjutnya, kata Ella, perlu juga pengembangan PKBM tematik yang menguatkan potensi lokal seperti batik, bordir, keranjang, sutra, anyaman, dan aneka kuliner, serta hal-hal lain berkaitan dengan bisnis busana atau produk gaya hidup lainnya.
“Ke depannya pengembangan PKBM diarahkan pada terbentuknya komunitas usaha mandiri, bukan hanya sekadar penyedia jasa pelatihan,” ungkapnya.
Selain itu, ia juga menimbau agar peran PKBM pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk didorong lebih optimal. Pasalnya, PKBM dinilai memiliki sisi strategis karena dapat bersinergi dengan layanan pendidikan kecakapan keorangtuaan (parenting education), pendidikan kecakapan hidup, dan pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
“Juga, dilakukan sinergi PKBM dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dalam hal peningkatan kualitas tutor dan penyelenggara pendidikan nonformal,” pungkasnya.
Sumber : http://edukasi.kompas.com/
Indra Akuntono | Latief | Rabu, 18 April 2012 | 18:04 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s