Mahasiswa PLS Jangan Berkecil Hati

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Gutama meminta agar mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) tidak berkecil hati. Ia menegaskan bahwa lapangan kerja bagi mereka terbuka luas, mulai dari menjadi tenaga pengajar, pengelola lembaga PAUD, lembaga kursus, dan berbagai bidang lainnya.

Hal tersebut ia sampaikan saat menerima Ikatan Mahasiswa PLS seluruh Indonesia di Ruang Sidang Ditjen PAUDNI, Senin (30/1). “Jangan hanya berpikir setelah lulus lantas menjadi pegawai negeri, banyak peluang kerja lain,” ucapnya memberi semangat.

Gutama juga meminta para mahasiswa agar jangan hanya mempelajari teori di kampus, tetapi harus mampu mengembangkan diri melalui berbagai keterampilan. Selain itu, ia juga mengimbau agar mahasiswa PLS membuka jejaring dengan berbagai perusahaan swasta maupun BUMN.

Mantan Direktur PAUD tersebut menyebutkan, bagi para mahasiswa yang masih memiliki minat menjadi abdi negara, peluang tersebut tidak hanya terdapat di Ditjen PAUDNI. Sejumlah kementerian lain juga membutuhkan sarjana dengan disiplin ilmu PLS, antara lain Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan beberapa kementerian lain.

Sementara Zulkarnain, Dewan Penasehat Ikatan Mahasiswa PLS menuturkan, di sejumlah daerah banyak bidang kerja yang seharusnya ditempati oleh sarjana lulusan PLS, namun justru diduduki oleh sarjana pendidikan umum. “Di Gorontalo, daerah asal saya, banyak sarjana pendidikan formal yang menjadi pengajar di lembaga pendidikan nonformal,” ungkapnya. (Yohan/Humpeg)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s