Promosi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Dikuatkan

Promosi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Dikuatkan
12/23/2011

Jakarta –Guna meningkatkan mutu penggunaan Bahasa Indonesia di berbagai bidang, khususnya pendidikan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melakukan Penguatan Promosi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), pada Kamis (22/12).

Kegiatan yang diselenggarakan di Lantai 3 Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini dibuka Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan Wiendu Nuryanti. Turut hadir Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad dan Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Yeyen Mardiani.

Dalam laporannya, Yeyen menyebutkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan uji kemahiran berbahasa kepada siswa, guru, orang tua, dan masyarakat luas. Uji ini juga untuk meningkatkan kesadaran pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar. “UKBI merupakan instrumen untuk mengukur kemampuan mendengar, menulis, membaca, dan berbicara, dalam meningkatkan sikap positif terhadap Bahasa Indonesia, dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi,” katanya.

Wakil Menteri Wiendu mendukung pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan UKBI berbasis jaringan. Dengan demikian, nantinya setiap pejabat negara, pegawai pemerintah dan swasta, termasuk guru dan dosen, warga negara asing yang belajar dan bekerja di Indonesia, serta siswa dan mahasiswa dapat teruji kemahirannya berbahasa Indonesia. “Saya akan mendorong pemanfaatan UKBI secara optimal di berbagai kalangan, ” katanya.

Setelah acara pembukaan, Wiendu berbagi pendapat dan pengalaman dengan para gubernur, guru, dan siswa SKM yang telah mengikuti UKBI berbasis jaringan di tiga daerah, yaitu Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Kalimantan Timur, dan Provinsi Sulawesi Utara melalui telewicara.

“Dengan semboyan “Teruji lebih Terpuji”, mari kira martabatkan Bahasa Indonesia, dengan prinsip bahwa siapa pun yang telah teruji kemahiran berbahasa Indonesianya dengan UKBI akan menjadi penutur Bahasa Indonesia yang lebih terpuji,” katanya. (Aline)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s