KUM cukup efektif atasi buta aksara

Oleh Hilda Sabri Sulistiyo

kum_octJAKARTA: Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) menjadi program yang efektif mengatasi buta aksara di lingkungan orang dewasa karena itu perlu terus dikembangkan dengan melibatkan lebih banyak kepedulian masyarakat terutama dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

“Dari pantauan kalangan pers yang pekan lalu mengunjungi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di berbagai daerah, laporan yang kami terima KUM efektif pula menggerakan kegiatan wirausaha di tengah masyarakat sehingga program KUM dan Aksara Wirausaha perlu terus dikembangkan,” kata Ella Yulaelawati , Direktur Pembinaan Pendidikan Masyarakat, hari ini.

Menurut dia pemberdayaan masyarakat yang diprakarsai Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat,Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal, Kementerian Pendidikan dan Budaya ini tercakup dalam program Aksara Agar Berdaya (AKRAB).

“Intinya agar ukuran capaian kompetensi keberaksaraan masyarakat berubah dari membaca, menulis dan berhitung (calistung) teknis ke kemampuan memanfaatkan keberaksaraan untuk meningkatkan kualitas hidup diri dan lingkungannya.

Masyarakat ditingkatkan keberaksaraannya dan diarahkan untuk menguasai ragam keaksaraan melalui program Keaksaraan Dasar, Keaksaraan Usaha Mandiri, Aksara Kewirausahaan, Keaksaraan Keluarga, Keaksaraan Komunitas Khusus, Keaksaraan Berbahasa Ibu dan Keaksaraan Bencana

Lewat program-program itu, , kata Ella, Kementrian berupaya meningkatkan keberaksaraan penduduk dewasa di Indonesia dengan memperluas ketersediaan, keterjangkauan, dan kualitas layanan pendidikan keaksaraan yang terintegrasi dengan pendidikan kewirausahaan dan pendidikan kecakapan hidup, serta terintegrasi dengan pendidikan pemberdayaan lainnya yang berkesetaraan dan berkeadilan gender.

Dalam hal KUM maka pengentasan kebutaaksaraan dilakukan dengan pendekatan wirausaha sehingga di berbagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) membetuk kelompok terdiri dari 10 orang dan membuat usaha bersama.(api)

Beriata dan gambar diambil dari : http://www.bisnis.com/articles/ Jum’at, 28 Oktober 2011 | 18:20 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s