Raih Sarjana Lewat Internet? Bisa!

Kamis, 24 Maret 2011 13:04

Jurnas.com | INGIN kuliah dan meraih gelar sarjana di Inggris tapi tetap tinggal di Indonesia? Kenapa tidak? Open University atau sejenis universitas terbuka di Inggris menawarkan peluang kuliah melalui internet. Universitas itu pula yang memelopori gelar sarjana melalui internet. “ Di dunia internet, Anda tidak harus memenuhi gedung-gedung atau bangsal kuliah dengan orang lain dan Anda tidak perlu terjebak dalam jadwal kuliah,” kata Peter Scott, Direktur Institut Pengetahuan Media di Open University Inggris.

Open University atau universitas terbuka ini memungkinkan orang-orang belajar dari rumah pada waktu yang mereka atur sendiri dan mendapatkan gelar sarjana.

Universitas yang memiliki lebih dari 263.000 mahasiswa di 23 negara itu sekarang menjadi pemecah rekor di iTunes U, bagian dari toko online iTunes yang menyediakan perpustakaan digital materi kuliah bagi mahasiswa dan staf universitas.

Materi kuliah Open University yang disediakan di iTunes U diunduh 31 juta kali, lebih banyak dari universitas manapun dan merupakan 10% dari seluruh materi yang diunduh lewat iTunes U. Hampir 90% dari pengunduh adalah pengguna yang berasal dari luar Inggris.

iTunes U milik Apple memungkinkan mahasiswa mengunduh video kuliah dan bahan-bahan lain dari berbagai universitas di dunia. Universitas terkemuka dunia seperti Massachussetts Institute of Technology dan Universitas Harvard di Amerika, sampai Universitas Oxford dan Cambridge di Inggris meletakkan video dan audio materi kuliah mereka di iTunies U, yang tersedia secara gratis bagi orang yang ingin mengunduhnya. Namun, baru Open University Inggris yang menawarkan sarjana lewat internet.

Walaupun saat ini Universitas Harvard dan universitas terkemuka lain belum menawarkan gelar sarjana lewat internet, materi kuliah yang mereka tawarkan online bagi semua orang sangat besar manfaatnya bagi mahasiswa lain dan terutama bagi mahasiswa Open University. “Kenapa kita harus menghadiri kuliah di sebuah universitas dan mendengarkan dosen yang mungkin terbaik atau tidak terbaik di bidang mereka, kalau kita bisa mengakses iTunes U dan mendengar kuliah dari dosen yang terbaik di dunia?,” kata Lord Jim Knight, mantan menteri pendidikan Inggris.

BBC

Gambar : RA Vadin / Jurnal Nasional

Penulis: Yanuar Jatnika

Diambil dari : http://www.jurnas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s