Lembaga Kursus

Bagi generasi muda yang ingin memiliki keterampilan khusus untuk memasuki dunia kerja, lembaga kursus dan pelatihan merupakan pilihan utama. Apalagi bagi 8,96 juta penganggur dari total angkatan kerja sebanyak 113,83 juta berdasarkan data BPS (2009), lembaga kursus dan pelatihan tentu sangat bermanfaat.

Lembaga kursus dan pelatihan ini diselengarakan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI), Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas). Arah program kursus dan pelatihan tersebut adalah pembekalan kepada peserta didik dengan berbagai keterampilan unyuk dapat bekerja (pekerja) atau usaha mandiri (berwirausaha). Program-program tersebut di antaranya:

*

Kursus Para Profesi;
*

Kursus Wirausaha Kota;
*

Kursus Wirausaha Desa; dan
*

Pendidikan Kecakapan Hidup bagi Lembaga Kursus dan Pelatihan

Selain itu pada tahun 2010, Ditjen PNFI merintis program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM), yaitu program pendidikan nonformal yang di dalamnya terdapat pendidikan keterampilan yang selanjutnya lulusannya ditindaklanjuti dengan berbagai kementerian, instansi, lembaga, dan organisasi terkait untuk dapat merintis usaha kecil sebagai wirausaha.

One thought on “Lembaga Kursus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s