Kampung Budaya Sindang Barang Dilengkapi Wireless

Sabtu, 1 Mei 2010 15:31 WIB | Iptek | Internet | Dibaca 436 kali
Kampung Budaya Sindang Barang Dilengkapi Wireless
Bogor (ANTARA News) – Kampung Budaya Sindang Barang yang menjadi pusat budaya Sunda, sekarang telah mengalami kemajuan dengan terpasangnya koneksi Internet nirkabel (wireless).

Bagi masyarakat maupun pengunjung yang datang ke Kampung Budaya akan bisa menikmati layanan Internet gratis yang terpasak di alun-alun Kampung Budaya.

Pemasangan jaringan Internet dilakukan oleh PT Jetcoms Netindo, sebagai perusahaan penyalur jaringan Jetcoms hadir di Bogor.

Menurut Managing Director PT Jetcoms Netindo, Hendarwin Saputra pemasangan jaringan Internet di Kampung Budaya sebagai bentuk kepedulian pihaknya untuk kemajuan masyarakat dalam bidang teknologi informasi.

“Ini salah satu program CSR perusahaan, tujuannya kita ingin masyarakat pedesaan juga dapat menikmati layanan Internet,” ucapnya, kepada ANTARA, usai launching kampung cyber di alun-alun Kampung Budaya Sindang Barang, Kabupaten Bogor, Sabtu.

Seluruh kegiatan budaya yang ada di Kampung Budaya Sindang Barang dapat dipublikasikan lewat internet dengan hadirnya jaringan internet WIFI dari Jetcoms, ujar Hendarwin.

“Kampung Budaya akan menjadi pilot project dalam pengembangan jaringan Internet di area-area pedesaan,” kata Hendarwin.

Hadirnya jaringan Internet di Kampung Sindang Barang ditanggapi positif oleh warga setempat. Kepala Dinas Komikasi dan Informasi Kabupaten Bogor, Yosep Hermawan menyatakan kehadiran jaringan Internet hendaknya dapat membawa dampak positif pada perkembangan di daerahnya.

“Sangat baik sekali, keberadaan jaringan internet di Kampung Budaya menambah kemajuan desa, tentunya jika dimanfaatkan secara positif,” ujarnya.

Menurut Yosep kebutuhan akan internet oleh masyarakat saat ini sudah semakin tinggi, tidak hanya untuk bisnis dan hiburan. Jaringan internet mencakup hampir semua aspek kehidupan, terlebih untuk pendidikan dan pariwisata.

“Dengan jaringan Internet ini penduduk desa Eurih dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal,” ucapnya.

Mengenai kemungkinan penyalahgunaan Internet, Yosep mengatakan pihaknya akan bekerjasama dengan operator untuk memblokir situs-situs porno agar tidak bisa diakses dan disalah gunakan.

Dengan diluncurkannya koneksi wireless di Kampung Sindang Barang sekaligus sebagai pengenalan Jetcoms yang hadir di Kota Bogor, mulai beroperasi Mei ini.

Satu unit antena pemacar dengan kekuatan 100 Mbps dipasang di kawasan alun-alun Kampung Budaya. Luas jaringan ini dapat dinikmati oleh 12.000 penduduknya.

Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Jalan E Sumawijaya Kampung Sindang Barang, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor.

Kampung Budaya Sindang Barang dikenal sebagai pusat budaya Sunda, berbagai upacara adat dan budaya sering diselenggarakan di kampung tersebut sehingga dikenal dengan Kampung Budaya.

Dengan pemasangan jaringan wireless di Kampung Budaya hendaknya dapat memajukan kawasan wisata tersebut, harap Waca Atmaja Kepala Desa Kampung Budaya.

(T.KR-LR/S026)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s