Direktorat Penmas menerbitkan instrumen NILEM PKBM (pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) tahun 2010

Database NILEM PKBM  yang dibuat lewat dikmas.net melalui administrator dimasing-masing provinsi. NILEM dapat diartikan sebagai nomor Induk Lembaga PKBM dengan tujuan untuk mendata PKBM agar tidak ada lagi PKBM yang fiktif. Instrumen pendataanya dapat diunduh disini Database nilem PKBM

About these ads

41 thoughts on “Direktorat Penmas menerbitkan instrumen NILEM PKBM (pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) tahun 2010

  1. PKBM Harapan Jaya Sampai Sekarang Masih Aktif bagaimana Cara kami mendaftarkan nilem tersebut sementara dari Dinas Kab. Pasaman Barat tidak memberi informasi kepada lembaga kami.

    • Sabar bu akan ada pendataan dari provinsi masing-masing dan diharapkan segala informasi yang menyangkut nilem atau profil lembaga, nama pengururs, jumlah tutor, jumlah peserta didik, dan lain-lain.

  2. PKBM Bina saiyo Pariaman Selatan Kota Pariaman Sumbar telah mengirimkan data instrumen nilem yang diberikan oleh diknas sumbar, tetapi kok nilem pkbm kami belum keluar, mohon diklarifikasi dan penjelasannya dari Direktur PNF, terima kasih

  3. Kepada : Yth. Bpk Direktur PENMAS
    mohon ada penyegaran Forum PKBM di tk Nasional, Prop. dan Kabupaten ada penyegaran dengan menyerap aspirasi dari seluruh PKM yg ada secara tranparan dan demokrati,
    trima ksh

  4. ralat
    Kepada : Yth. Bpk Direktur PENMAS
    mohon ada penyegaran Forum PKBM di tk Nasional, Prop. dan Kabupaten ada penyegaran dengan menyerap aspirasi dari seluruh PKBM yg ada secara tranparan dan demokrati,
    trima ksh

    • Memang banyak keluhan akhir-akhir ini tentang forum PKBM baik dipusat maupun didaerah karena geliatnya yang kurang terhadap anggota forum itu sendiri.Diharapkan usulan disampaikan kepada kabupaten, dan propinsi masing-masing..nanti akan ditindak lajuti di tingkat pusat.

  5. Saya Pengurus PKBM Aroma Raudlatul Ulum Desa Bedeng Delapan, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provimsi Jambi. Ingin mendaftarkan NILEM PKBM Langsung Melalui Situs ini Bagaimana ?

  6. PKBM WIGATI SOLO JATENG
    Semoga PKBM WIGATI SOLO segera di Entry datanya sehingga bisa memperoleh NILEM,sampai saat ini di kota kami Solo 14 PKBM belum bisa di akses !

  7. 15 Nilem PKBM Provinsi Gorontalo Kabupaten Gorontalo, sudah memiliki Nilem. Sementara untuk PKBM Anugerah Jl. Merpati 59, Kec. Limboto, Kab. Gorontalo, Prov. Gorontalo sudah mengirimkan data lengkap (instrumen). namun mengapa belum juga keluar Nilem PKBM Anugerah?

  8. dengan hormat minta instrumen isian manual NILEM PKBM

  9. dengan hormat minta instrumen isian manual NILEM PKBM dalam prohram microsof word

  10. 9 PKBM di Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo sudah memiliki nilem pkbm sementara PKBM permata dengan alamat jl. Pelabuhan no 07 kelurahan pentadu kecamatan paguat kabupaten pohuwato sampai sekarang belum memiliki nilem pkbm padahal sudah dua kali mengajukan instrumen pendaftaran nilem pkbm melalui Dinas Pendidikan pemuda dan olah raga provinsi gorontalo. kapan pkbm permata akan memiiliki nilem?

    • coba tanyakan lagi ke dinas dikpora provinsinya karena yang menginput data ada di bidang PNFi dikpora masing-asing provinsi

  11. data instr.umen pkbm atas nama restu bunda NTB… Sudah sya ajukan 8 bln yg lalu, tpi nilemnya blum keluar… Tolong d tindak lanjuti…. Trimakash…

  12. PKBM Agung Sari Makaryo Kab Magelang dan 11 PKBM Lain telah 2 kali mengirim Instrumen NILEM, tetapi sampai saat ini hanya ada 3 PKBM yang telah mendapatkan NILEM, bagaimana kami yang belum menindaklanjuti. terima kasih

  13. silakan ke dinas pendidikan di provinsi masing-2

  14. saya pengelola PKBM Aroma Raudlatul Ulum, Bedeng Delapan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, provinsi Jambi, sampai sekarang masih aktif, bagaimana cara mendapatkan NILEM, karena sampai sekarang kok belum keluar ?

  15. Cara mendapatkan nilem adalah dengan mengisi form nilem yang dapat diunduh di situs dikmas.net. Kemudian dibawa ke dinas pendidikan kabupaten setempat dan dikirim ke dinas pendidikan provinsi masing-masing.terima kasih semoga bermanfaat.

  16. nilem pkbm anda telah terbit silakan dilihat di database nilem pkbm
    Profil Lembaga
    NILEM : 15.1.03.4.1.0003
    Nama : ‘PKBM Aroma Raudlatul Ulum
    Alamat Lembaga : Jln. Raya Bedeng Delapan
    RT/RW : 05/02
    Kelurahan : Bedeng Delapan
    Kecamatan : Kayu Aro
    Kabupaten/Kota : Kabupaten Kerinci
    Propinsi : Jambi
    Kode Pos : 37163

    No Telp. : 0748-351071
    Faximile : 0748-351071
    Mobile : 081366142100
    URL/Website :
    Email : nsuhendy@yahoo.com
    Penanggung Jawab : Nanang Suhendy, S.Pd
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    No.KTP : 474.4/KA/108/2008
    Pendidikan Terakhir : Sarjana (S1)
    Basis Program
    1. Pertanian
    2. Kewirausahaan
    3. Seni dan Budaya

    Status Lembaga
    Kepemilikan : Lembaga/Org. Keagamaan
    Tahun Berdiri : 2006
    Nama Notaris : Fedy Kesaria, SH, M.Kn
    No. Akte Notaris : 01
    Tanggal Akte : 02 Apr 2008
    NPWP : 21.085.936.9-333.000
    Perijinan Lembaga
    Nomor Ijin Operasional : 423/420/PNFI/PDK-2010
    Tanggal : 16 Mar 2010
    Instansi Pemberi Ijin : Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci

  17. Saya adalah penik pnfi kabupaten pohuwato wilayah kerja kecamatan paguat : di kecamatan paguat sudah 13 lembaga PAUD baik kelompok bermain dan SPS dan sudah melayani anak usia dini 0-6 tahun sebanyak 500 anak,da ada 5 lembaga mengupayakan keterampilan bagi ibu-ibu yang menunggu anaknya belajar, sekarang ini keterampilan yang diterapkan yaitu membuat keset dari perca kain,berhubung fasilitas kurang memadai

    • bapak bisa sarankan agar paud tersebut dapat menjadi paud unggulan, silakan bapak tanya syaratnya ke dinas pendidikan kabupaten setempat.

  18. Bisakah saya memperoleh informasi utk mendapatkan Nilem PKBM Tiara Keusuma Gampong Babah Jurong Kuta Baro Aceh Besar ? Sampai saat ini PKBM kami blm ada Nilem bagaimana caranya ? Adakah Format yg dpt di downlood ? Apakah untuk mendapatkan Nilem boleh dikirim melalui email ?. Terima kasih atas balasannya.

  19. Saya Durajat, asal Penajam-Kaltim, selama ini saya cukup aktif mengikuti kegiatan dan pengembangan pendidikan pedesaan khususnya didaerah kami. Saya seorang guru formal namun demikian saya dan rekan-rekan membantu kegiatan non formal yaitu dengan mengajar paket A, B dan C. Sejak tahun 2003 kami telah menyelenggarakan beberapa paket, harapan saya ke depan tentu sdh tdk ada lagi yg buta huruf maupun yg tdk tamat SD, SMP tapi lanjut kejenjang lebih tinggi. Saat ini saya sdg mengurus Nilem, karena harus disyahkan oleh pejabat yg berwenang, tentu saya harus mengirim secara manual, lamakah prosesnya, bila data sdh masuk, thank infonnya..

  20. tidak lama tergantung admin di propinsinya pak..silakan ke bidang paudni dikpora masing-masing, oh ya silakan ke dinas kabupaten untuk veripikasi data dan itu online pak ada admin disana..

  21. masih bisakah mengurus nelm pkbm

  22. masih bisa hubungi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Setempat

  23. Saya Anton Efendi, PKBM Widyatama
    Mengapa mengurus NILEM PKBM itu sangat sulit sekali …..?
    Padahal saya sudah mengajukan lebih dari 5 kali, ………..
    mohon penjelasan, dimana salahnya ….
    trima kasih

  24. pak anton, nilem nggak sulit mungkin caranya yang berbeda, untuk tahun 2012 ini setiap lembaga mengajukan nilem online , petunjuknya ada di berita blog ini, silaka di baca pak, setelah itu cetak lembar verifikasinya dan kirim ke dinas pendidikan kabupaten /kota, kemudia lampirkan persyaratan yag diminta. selamat mencoba..terima kasih.

  25. tolong saya dibantu untuk pengisian NILEM PKBM

  26. kok yang muncul instrumen 2010? padahal judulnya 2012.

  27. oh ..ya..untuk nilem 2012 silakan klik nilem pkbm

  28. Assalamu’alaikum Wr.Wb.,
    Mohon penjelasan, bagaimana sebenarnya untuk mendapatkan NILEM PKBM?

    Saya telah 4 kali mengajukan pemberkasan NILEM, sejak tahun 2008 baik melalui Dinas Pendidikan Kabupaten maupun Dinas Pendidikan Provinsi, sampai saat ini belum ada realisasi dengan alasannya masih sedang di proses di Jakarta.

    Perlu diketahui, bahwa PKBM GemmaAl-Fajar, alamat :Dusun Wonokarto RT 004 RW 010, Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu-Lampung, telah berpartisipasi di bidang pendidikan non formal (PNFI) sejak tahun 2007 (KF 43 Kelompok kerjasama dengan UNILA,Paket B 2 Kelompok APBN), Tahun 2009 (Paket B Nama Kejar Cakrawala 1 kelompok ujian tahun 2013 yad), Tahun 2012 saat ini (Sudah melaksanakan ujian nasional Paket A setara SD dengan jumlah WB 24 orang). Pada tanggal 18-07-2012 yang baru lalu, saat pelaksanaan UNPK Matematika PKBM Gemma Al-Fajar mendapat kehormatan di Monitoring oleh Ibu Ika Mustika, Pejabat Perekayasa Madya, Jakarta, didamping oleh Kabid PNFI Provinsi Lampung, Bp. Richard Sarnubi.

    Demikian sekiranya saya sampaikan mohon berkenan memberikan penjelasan. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.,

    Gadingrejo, 19 Juli 2012
    Ketua PKBM Gemma Al-Fajar,

    Ajang Ahmad Jaelani, S.Pd./HP. 0813 7906 4100

    • Assalamu’alaikum Wr Wb.
      Kepada Bapak Ajang Jaelani, S.Pd.
      Don’t give up…!!
      Coba terus dengan mengisi instrumen NILEM PKBM kemudian ditandatangani oleh Bapak Ajang, Ketua FK PKBM Kabupaten, Verifikator/Petugas Verifikasi Data, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota, kemudian dikirim ke Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Dirjen PAUDNI Kemdikbud. atau masuk ke http://www.paudni.kemdiknas.go.id/dikmas/nilem-pkbm/
      Matur nuwun.
      Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

  29. saya pengelola pkbm setia bhakti margasari kabupaten tegal. sampai sekarang masih aktif, bagaimana cara mendapatkan NILEM, karena sampai sekarang kok belum keluar ?

  30. saya mohon dikirim aplikasi data base nilem pkbm
    saya susah sekali masuk ke aplikasi database nilem,

  31. assalamualikum buk saya dari PKBM demang sakti, kabupaten kerinci provinsi ,saya mau tanya bu? saya sudah memiliki nilem tp sudah lama tidak saya buka propil lembaga saya di internet pas saya buka sekarang no nilem dan pkbm saya tidak ditemukan, padahal saya mau menambahkan dokumentasi kegiatan di pkbm saya, gimana solusinya buk?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s